Tuesday, March 7, 2017

Contoh cerita melacak kerusakan motherboard



Cerita blong...tapi prosedure melacak kerusakan motherboard   bisa di pelajari

Sharp lcd 32L50M-BK mati, indikator tdk nyala...

Biasa bagi saya...selalu buka SERVICE MANUAL dulu....
Kebetulan dah punya....(cari dulu klo blum punya)





 



Ternyata model ini untuk tegangan stby membutuhkan 3 macam tegangan......
Tegangan BU = ALL TIME... yaitu tegangan dimana saat power on maupun saat st-by harus selalu ada.......
Sedangkan tegangan2 lain baru muncul setelah posisi power-on.


Service manual cukup lengkap penjelasannya.....ada blok diagram bagian power suply.....sehingga lebih memudahkan pemahaman.




Berdasar blok diagram power suply....kemudian buat corat-coret ic mana saja yg berfungsi untuk bagian st-by tersebut....




Setelah corat-coret selesai.....baru lakukan eksekusi.......
Pelototi motherboard......untuk mencari lokasi ic-ic stby yang mau diukur....berdasarkan catatan corat-coret tsb.....
Baru kemudian lakukan pengkuran......
Tegangan BU 12v ada......
Tegangan BU 5v ada....
Yang tidak ada adalah BU 3.3v.......???





Lakukan pengukuran dg ohm meter pada output 3.3v.....ternyata short dgn gnd....
Open jumper dari reg 3.3v yng masuk ke ic chip......hidupkan pesawat...3.3v kluar...

Kesimpulan ic chip rusak short pd jalur Vcc 3.3v...
 

Wis gagal gak sido bayaran......



*************************

No comments: