Wednesday, July 27, 2016

Modifikasi dc-dc stepdown panel Vcc LG



Rasane aku dah beberapa kali ketemu LG seperti gambar ini yg rusak sirkit dc-dc stepdown konverter dari 19v menjadi 12v untuk panel.........yg menyebabkan layar gelap, backlight nyala nomal, suara juga normal…..............
 

Biasanya  aku ganti (cangkok) pakai dc-dc stepdown konverter 3A universal yg bisa diajust ….ituh lhoh........

Tapi kali ini timbul pemikiran....
Bukankan arus ke panel tidak sampai sebesar 3A....
Kenapa tidak nyoba aja pakai AN7812.......
AN7812 input maksimum boleh sampai 32v........arus max 1A
Jika buat menurunkan 19v menjadi 12v atau menurunkan hanya sekitar 7v.......saya rasa tidak masalah (tidak panas maksud saya....)....


Lebih baik langsung coba aja...........!!!
Ternyata hanya anget2 dikit aja........
Wis.....pasang....tambah pendingin kecil2an biar lebih sip.....tambah R 1ohm/05w pada input AN7812 buat semacam fuse.....

Yang begini kan bisa jadi "ngiirit"...murah meriah.....


TESTING beberapa jam......tetap tidak panas.....
Besok pesawat dah boleh kasih ke konsumen





AWAS HATI2
Mungkin ketemu beda model
Ketemu tegangan Vcc panel hanya 5v.
Jadi sebaiknya sebelum melakukan modifikasi,  cek dulu datasheet panel yg digunakan.
Jika Vcc panel hanya 5v........trus digunakan AN7805....mungkin ic regulator akan sangat panas........



*********************** 

No comments: