Thursday, December 31, 2015

Problem Polytron PLM24M60



Polytron PLM24M60
Saat pertama dihidupkan keluar logo normal. Terus keluar gambar mirip problem panel, no sound
Kemudian kalau coba pindah-pindah chanel.......aneh!!!!.....problem gambar yg nampak selalu gonta-ganti berbeda.....tapi kadang ada yang normal.


Phone a friend mungkin bisa membantu memecahkan masalah......……

Yan Electronik Pdl sy pernah ngalami dan bingung mau eksekusinya, lvds dibershin tetep, mau exekusi tcon ragu2, akhirnya tindakan pertama kali ukur2 teg di mb tp ya gk nemu teg yg mencurigakan, terus sy coba panasi pk blower titik2 yg timahnya tebel2 seperti 1117-xx sampe timahnya leleh terus sy dinginkan kemudian sy test kok gk kumat2, solusinya ngawur tp ada hasil

Defid Kurniawan Penyakit turunan 24M60 kadang kondisi panas atau dingin sering error di vcc 3,3v 2,5v 1,8v 1,2v biasa error,kalau emang udah di cek oke berarti masalah di DDR nya ada resistor yang setengah putus di jalur mb ke DDR/ramnya.

Kedua diatas cocok dengan pemikiran analisa saya.  Problem sepertinya di main-board, karena logo normal sehingga tak mungkin problem panel. Kemungkinan besar memang problem pada ic DDR SDRAM (double data rate synchronous dynamic random-access memory) yang lokasinya dekat ic chip.

Problem dapat disebabkan antara lain oleh :

  • Tegangan suply ic tersebut 
  • Jalur kominikasi antara ic tersebut dengan ic chip yang biasanya menggunakan komponen R NETWORK ada yang putus atau molor resistasinya 
  • Atau ic DDR SDRAM sendiri yang rusak.


Karena tidak ada skema untuk model ini, maka kami lakukan pengukuran tegangan2 pada ic regulator yang ada. Disini terdapat  2 buah regulator 1117D ADJUST, dimana tegangan output dari ic kini kita tidak dapat mengetahui dengan tepat. Maka sekali lagi phone a friend……..pegalaman mereka berapa tegangan out pada kedua ic tersebut……

Terimakasih pada mas Sucipto, BUdi Man Mgs, Abdul Hadi atas jawaban yg segera



Penyebab masalah langsung diketemukan, yaitu U810 yang seharusnya mengeluarkan tegangan 3.3v hanya keluar 2.0v.


Catatan :
 
DDR SDRAM :
IC ini berfungsi sebagai penyimpanan data gambar yang dioleh oleh ic chip sebelum data gambar dikirim ke Tcon lewat LVDS. Karena itu kalau bermasalah, maka gambar juga akan bermasalah.

R NETWORK :
Yaitu suatu kesatuan yang bentuknya kecil, dan merupakan rangkaian beberapa buah resistor. Biasa digunakan pada penghubung antara jalur DDR SDRAM dengan Chip yang memproses gambar.


***************

No comments: