Thursday, November 19, 2015

Samsung UA40D5000 lampu indikator merah hanya kedip-kedip



Samsung UA40D5000.....dari rumah pemilik katanya rusak mati......
Sampai ke bengkel, dicoba sempat hidup sebentar hingga keluar gambar....tapi trus mati lagi.....
Coba lagi ...coba lagi.....tetap gak mau hidup......lampu indikator merah hanya nyala kedip-2.
Tapi sepetinya bukan protek...sebab di remote on-off masih bisa jalan......

  • Cek PFC normal 
  • Cek pin kontrol power_on......high-low-high-low terus 
  • Cek semua tegangan2 dc-dc pada main-board.....sepertinya semuanya ada tapi hidup-mati-hidup-mati juga.......
Berpikir mau coba flash....tapi ic-ne kok kaya pakai ngene?.....kira2 ya balum ada yg punya FW.
Kalao ic flash error kok tadinya sempat hidup?……..Mestinya hal seperti ini hanya kerusakan hard-ware saja?.......
MIKIR......kok buntu....belum ada jalan keluar.!!!



Phone a friend….minta bantuan pemikiran…….achirnya dapat petunjuk  :

1.      Tukul Reynaldi Prabowo transistor ps on nya kudu di lepas suhu.......
2.      Holil Harahap Yg Q853 ya Kang Tukul Reynaldi Prabowo
3.      Zaenal Elektronik cara cepatnya .... coba lepas aja TR sensor protek inverternya.... outnya nyambung ke pin power on di psu..... kerusakan aslinya di bagian inverter (OVP di tegangan lednya, tanda2 led backlite bentar lagi mau anu)

Berburu skematik ama mbah Google dulu…..mbok-mbok ada………achirnya dapat juga yang mirip. 


Ya……..problem ternyata bukan di Main-Board, tetapi di board Power-suply & BL Inverter.
Problem disebabkan sirkit protek yang ada pada board tersebut.


SIRKIT PROTEK


Disini ada 4 buah protek, yaitu

  • A5V  OVP (Over Voltage Protector) 
  • B13V  OVP 
  • Protek Backlight, disampling dari IC9151 dan IC9152 (BL Inverter Driver)
Jika terjadi protek, maka jalur Power_on akan dishortkan ke GND oleh Tr QM853. Disini normal tegangan basis adalah “0v”. Sedang dalam kasus yang kami hadapi, tegangan basis terukur berubah-ubah High-Low, sehingga mengakibatkan tegangan Power_on tegangan juga berubah-ubah......itulah yang menyebabakan indikator kedip-kedip....mother-board jadi start-restart.


JALUR POWER_ON
 



Keseluruhan protek ini dapat dilumpuhkan dengan melepas transistor QM853.

  • Coba lepas transistor tersebut – pesawat dapat hidup normal tidak kedip-kedip lagi. 
  • Kasih antenna,  suara ada - tetapi layar gelap. 
  • Cek tegangan BL ada (terukur lebih dari 300v). 
  • Hal ini menunjukkan led BL ada yang putus………


Bongkar panel………

  • Ada 2 renteng led BL masing2 berisi 62 led, jadi total ada 124 led yang disambung secara serial……Pantesan tegangan BL Inverter lebih dari 300v. 
  • Diperiksa ada lebih dari 15 buah led yang mati putus.  
  • Meng-akal-in  led yang putus.....tunggu cerita lainnya...........


 SIRKIT BL DRIVER






****************

No comments: