Thursday, October 22, 2015

Memahami tegangan Vcom



Apa itu tegangan Vcom?
Panel kaca LCD berisi ratusan ribu pixel-pixel LCD, dimana  backplate (semacam chasisnya) tidak dihubungkan langsung ke ground, tetapi diberi tegangan bias sekitar 7v yang dinamakan tegangan Vcom

Kenapa perlu tegangan Vcom?
Hampir mirip dengan CRT, layar LCD juga mempunyai semacam gangguan yang dinamakan ‘flicker”. Untuk CRT solusinya adalah dengan teknologi yang dinamakan “interlaced scanning”. Sedang untuk LCD adalah dengan pemberian tegangan yang dinamakan Vcom untuk meminimalkan gangguan flicker.

Apakah tegangan Vcom sama pada semua layar LCD ?
Untuk tipe panel yang  samapun tegangan Vcom berbeda. Masing-masing individu panel membutuhkan teganganVcom yang berbeda-beda (walaupun hanya selisih sedikit sekali).
Ini tidak ada bedanya dengan tegangan screen pada CRT. Setiap CRT tegangan screen harus diajust sesuai dengan karakteristik individu masing-masing tabung CRT. Hal ini disebabkan pabrik tidak dapat membuat CRT dengan karakteristik yang sama persis. Demikian halnya pembuatan panel LCD, pabrikan tidak dapat membuat layar LCD yang sama persis karakteristiknya.

Apakah akibatnya jika kehilangan tegangan Vcom ?
Jika tegangan Vcom hilang atau nol, maka kontras  gambar akan terlihat tipis dan kabur seperti halnya CRT yang screennya dibesarkan.
Sebaliknya jika tegangan Vcom terlalu besar, maka gambar akan cenderung gelap seperti halnya tegangan screen yang dikecilkan. 
Kerusakan seperti ini kadang membinggungkan karena kadang mirip dengan gejala kerusakan yang disebabkan IC gamma.

Kerusakan tegangan Vcom nol



Bagaimana sirkit Vcom dibuat?

Cara konvensionil pemberian tegangan Vcom adalah penggunaan potensiometer (VR). Contoh pembangkit tegangan Vcom semacam ini mungkin masih dapat dijumpai pada LCD jadul  dan cara ini efektip hanya pada layar ukuran kecil. Banyak mempunyai kelemahan, misalnya karena umur pemakaian, pengaruh kelembaban dan temperature, serta gangguan mekanik (vibrasi).


Sirkit Vcom modern.
Sirkit pembangkit tegangan Vcom modern umumnya menhhunakan teknologi digital, dapat diajust secara digital lewat service mode melalui jalur sda-scl dan dimemori pada ic eeprom 24C  yang terdapat pada modul Tcon.

Pada layar besar tegangan Vcom lebih rumit lagi. 
Saat scanning – tegangan Vcom dapat berbeda-beda pada posisi layar untuk mendapatkan kualitas gambar yang maksimal. Misalnya  pada posisi bagian tengah, pada posisi bagian keempat pojoknya. Sehingga disini diperlukan ada 5 macam tegangan Vcom yang berbeda. Hal ini dapat diperoleh dengan menggunakan sirkit pembangkit Vcom secara digital yang dapat diprogram.

IC CAT5132 merupakan "digital potentiometer" yang dapat diajust melalui sda-scl






**************************

 

 
 


No comments: