Tuesday, October 27, 2015

Kesalahan pemula memahami bagian Vertikal



Seorang teknisi bawa teve China, dengan problem vertikal satu garis.
Katanya : “semua komponen bagian vertikal sudah diperiksa tidak ada yang rusak, demikian pula sudah coba ganti ic-nya”, “tapi tetap bandel tidak mau kerja….muuummmet”.

SEBENARNYA TIDAK PERLU MMMUUMMET ………..KALO PAHAM “BAGIAN VERTIKAL”

Kejadian seperti ini mungkin sering dialami oleh teknisi pemula, atau teknisi yang tidak mengenyam pendidikan atau kursus formal yang benar dalam memahami bagian vertikal.
Umumnya mereka hanya "ngerti" bahwa bagian vertikal itu hanya seperti LA78040, 7840 atau sejenisnya.
IC LA78040 atau sejenisnya….sebenarnya hanya merupakan bagian VERTIKAL-OUT yang berfungsi sebagai "penguat pulsa-pulsa vertikal" saja (……..Penguat achir). 

Perlu sekali dipahami bahwa masih ada bagian lain yang dinamakan “osilator vertikal” yang berfungsi sebagai "pembangkit pulsa-pulsa vertikal".
Bagian ini lokasinya ada pada ic chroma seperti LA76810A misalnya.
Sebutan LA76810 sebagai ic chroma sebenarnya kurang tepat, sebab ic ini terdiri dari bagian-bagian seperti IF Video, Chroma prosesor, Video prosesor, Vertikal-horisontal osilator (atau jungle), Audio FM prosesor.

Coba amati potongan gambar skema LA76810 dibawah ini.
Pin-43 disitu tertulis Vcc (V/C/D) atau Vcc Video/Chroma/Defleksi, artinya bagian Video prosesor, Chroma prosesor dan osilator Vertikal mendapat suply tegangan melalui kaki pin ini.
Jika pin-43 ini tidak mendapat tegangan, maka otomatis bagian Video, bagian Chroma, dan bagian Defleksi vertikal tidak akan bekerja……..dan ini dapat mengakibatkan problem vertikal satu garis juga.
Karena setiap ic chroma desain dan cara kerjanya sedikit berbeda, maka pada pin-pin seperti ini dapat juga berpengaruh terhadap kerja bagian vertikal, yaitu.

(1) Pin-Vnfb atau Vertikal negatip feedback . Pin ini kalau di-urut mendapat tegangan lewat beberapa resistor dari bagian Vertikal out (def yoke). Jika tegangan tidak ada maka akan menyebabkan vertikal satu garis.

(2) Pin-Vram atau Vsaw . Pada pin ini biasanya ada sebuah kapasitor filter (elko). Pada model tertentu seperti Polytron model lama misalnya ada sebuah resistor. Jika elko atau resistor rusak dapat menyebabkan vertikal satu garis atau vertikal menyempit kurang penuh.




***************************



No comments: