Saturday, April 18, 2015

Panasonic TX37LX80J….kadang mati protek.

 

Panasonic TX37LX80J

  • Eks bongkar teknisi.
  • Kalau tombol Chanel atau tombol Input diganti, pesawat “kadang” mati protek dengan kedip 7 kali.
  • Mungkin karena saking mumet-nya….oleh teknisi….coba-coba diganti elko-elkonya.

image

SOLUSI.

  • Menurut Service Manual, kedip 7x berarti tegangan 3.3v hilang atau drops.

clip_image002

  • Cek 3.3v pada kaki pin-160 IC4001, ternyata tegangan normal……..Saat chanel dipindah-pindah tegangan tetap stabil
  • Masih belum yakin…….cek elko2 jalur supply 3.3v…….ok semuanya.
  • Masih belum yakin….tambah paralel elko suply 3.3v ke pin-160……..hasil masih tetap sama saja problemnya
  • Masih belum yakin lagi….solder semua jalur suply 3.3v ke pin-160…….hasil NIHIL !!!!
  • Kepala mulai mumet…..trus apanya lagi dong yang mau diperiksa ????

Sabar………jangan menyerah…….coba amati lebih seksama lagi gejalanya….…..”kalau pindah chanel atau input-akan nampak layar GELAP dahulu dan kemudian baru muncul gambar”.

“Gelap” dulu…………ini yang perlu “dicatat”…..mungkin berhubungan dengan penyebabnya….”layar gelap menyebabkan protek ????”

Dilanjutkan pelototi skema Pansonic yang terkenal “bikin mumet”. Skema dipisah-pisah………bikin sakit kepala untuk nyambung-nyambungnya………..Tapi achirnya menemukan titik terang ketika ketemu “sirkit protek” pada halaman 25 dari service manual seperti gambar dibawah.

image

  • Kalau dianalisa secara teknis, sirkit ini merupakan “over voltage protector”.
  • Pada kondisi normal tegangan Basis Q1806 adalah “0v”……….dan Kolektor Q1803 adalah sekitar “6v”
  • Jika salah satu tegangan2 yang disensor ada yang over….maka tegangan tersebut akan “menembus” diode Zener…..sehingga basis Q1806 mendapat tegangan….dan kolektor Q1803 tegangan berubah menjadi “0v”…..dan protek aktip bekerja.
  • Curiga sirkit ini adalah penyebabnya….maka untuk memastikan kami “lumpuhkan” secara total sirkit protek ini dengan cara “men-shortkan” B-E Q1803.
  • Dan ketika di coba…..ternyata…….”wwwooooowww”……sekarang tidak protek lagi.
  • Selidik punya selidik………ternyata saat layar gelap……tegangan suply yang tertulis “24v”….pada kondisi hidup normal tegangannya adalah 22v….dan pada saat layar gelap tegangan naik menjadi sekitar 25v………
  • Lepas kembali jumper B_E Q1803….dan sekarang coba lepas Zener D1824………Benar juga, pesawat tidak protek lagi.
  • Cek data “part list” untuk mengetahui berapa nilai zener.

clip_image002[6]

  • Artinya zener D1825 nilainya 27v…….protek akan aktip jika tegangan 24v over melebihi 27v…..jadi dalam hal ini artinya zener tersebut yang udah “gemblung” alias tidak normal.

 

Trus yang menjadi pertanyaan……”bagaimana analisanya kok bisa kedip 7x””….”apa salah dalam men-desain program mikrokontrolnya????

No comments: