Wednesday, December 10, 2014

Resep Be Good memotong jalur CKV, CKVB, STVP

 

Salah memperkirakan bagian panel yang rusak, maka jalur CKV, CKVB, STVP yang telah diputus perlu disambung kembali. Bagi yang belum berpengalaman maka hal ini tentu dapat merupakan mimpi buruk. Berikut ini adalah pengalaman Be Good dalam memotong jalur, agar kalau terjadi kesalahan mudah disambung kembali.

Bersihkan area jalur dari lapisan penutup jalur printed (yang berwarna hijau gelap).

clip_image002

Setelah bersih - kerik lapisan diatas jalur yg akan di cut sampai bersih, kalau kurang bersih nanti timah solder sulit atau tidak mau nempel.

clip_image004

Proses cut atau memotong jalur - cukup ditekan dikit aja ditarik ampe putus jalurnya, jangan dalam2 nanti susah nyambungnya. Cut cukup satu alur aja -jangan di lebarin hasil cutnya, sebab kalau parit hasil cut terlalu lebar timahnya nanti sulit nyambung.

clip_image006

Proses penyambungan kembali bila salah cut - cukup dikasih timah saja di antara jalur yg terpotong.

clip_image008

Pembersihan kalau sudah selesai , bersihkan menggunakan kapas korek kuping yang dicelup thiner - hasil pasti cling dan rapi

clip_image010

Hanya dengan banyak berlatih, maka akan membuat hasil makin sempurna,

Cara terbaik cara memotong - posisi pisau cutter agak miring, bukan tegak lurus. Dengan demikian jika mau disambung lagi cukup ditekan saja sampai rata, kemudian tinggal diberi timah.

Pak Dindik Pristiady memberikan tambahan pengalamannya - sebelum di cut agar jalur di-foto dulu (atau digambar). Hal ini untuk meng-antipasi jika sampai terjadi jalur rusak dan sulit dilacak.

 

 

*****************************

No comments: