Thursday, November 27, 2014

Pentingkah memiliki DC Power suply ?

 

image

Dengan makin banyaknya repair LCD sekarang ini, maka memiliki DC Adjustable Power-suply sepertinya merupakan keharusan. Terutama saat merepair mother-board

Spesifikasi yang dibutuhkan.

  • Tegangan output dapat diajust antara 0 hingga 30v.
  • Batas arus maksimal dapat diajust antara 0 hingga 3A (atau 5A lebih bagus).

 

Manfaat dalam repair LCD.

1. Untuk alat suntik sementara

Seumpama ada salah satu regulator yang kita curigai rusak. Maka sebagai gantinya regulator tersebut….outputnya sementara dapat kita “suntik” menggunakan power supply ini dahulu. Untuk keperluan ini kecuali tegangan harus sesuai, maka besarnya arus dapat dibatasi dengan cara menyetel pada DC power supply. Pembatas arus ini penting untuk menghindari jika ada yang short atau setengah short, dimana tegangan power-suply otomatis akan drops, sehingga tidak merusak power sup-ply atau komponen lain pada LCD board

 

2. Untuk mengetahui arus yang dibutuhkan dalam membuat sendiri sebuah regulator.

Kadang kita kesulitan dalam mendapatkan part regulator pengganti. Hal ini dapat dimodifikasi dengan cara membuat sendiri regulator tersebut. Dengan DC Power supply ini kita dapat mengetahui kebutuhan akan “arus” (berapa ampere) yang harus kita buat.

 

3. Untuk mencari komponen yang menyebabkan short atau drops.

Kadang output suatu regulator drops yang disebabkan karena ada komponen yang short atau setengah short. Mencari komponen yang short dengan cara mencoba melepas satu-demi satu komponen atau memutus jalur adalah tidak mungkin (sangat sulit sekali).

Caranya :

  • DC Power supply diajust pada arus 3 atau 5A dan tegangan sesuai tegangan output regulator yang masalah.
  • Tegangan kemudian dipasang pada jalur yang drops, dengan cara di-tutul-tutul-kan sebentar-sebentar menggunakan tangan kanan. Jangan disambung terus menerus!
  • Kemudian tangan kiri dipakai untuk meraba-raba komponen-komponen yang dicurigai rusak. Biasanya komponen yang rusak akan panas berlebihan.

 

 

***********************************

No comments: