Wednesday, December 25, 2013

Penting untuk menjaga mata solder

 

Solder adalah senjata utama para teknsisi setelah avometer. Menjaga mata solder (solder tip) agar tetap bersih dan awet diperlukan perhatian khusus agar jika digunakan tetap dapat menyalurkan panas dengan sempurna dari mata solder ke bagian yang akan disolder. Menyolder dengan benar tidak perlu harus menekan-nekan mata solder, tetapi cukup ditempelkan saja dan tunggu sampai timah mencair. Menyolder dengan cara di-tekan-tekan menunjukkan bahwa mata solder telah kotor, karena dilapisi lapisan oksidasi yang menghambat penyaluran panas. Oleh karena itu mata solder harus selalu dijaga agar selalu dilapisi oleh lapisan timah yang tipis sehingga terlihat terang dan mengkilat.

 

  • Jangan digunakan untuk mencongkel kaki komponen. Mencongkel kaki komponen dapat menggunakan bantuan  pisau cuter atau obeng jam minus.
  • Jangan digunakan untuk menyolder bahan lain, misalnya plastik, glue gun (solder bakar). Jika hal ini diperlukan gunakan bekas mata solder lain yang sudah tidak terpakai.
  • Untuk membersihkan mata solder jangan dikerok dengan pisau atau semacamnya, karena akan merusakn lapisan mata solder (……lihat gambar dibawah). Ada banyak cara untuk membersihkan mata solder. tapi yang paling simpel adalah : “ Carilah selembar kain bekas kaos dari bahan katun (…..selebar sapu tangan). Celupkan dalam air kemudian peras sampi kering (……jaga agar selalu lembab). Lipat-lipat dan gunakan ini untuk memersihkan mata solder”.
  • Cara untuk membersihkan mata solder yang sudah terlanjur kotor (terbakar). Gunakan board teve yang ada banyak timahnya, misalnya kaki komponen tranfo switching , tranfo filter atau kaki flyback. Tambahkan pada kaki tersebut timah dan beri fluxer (solder pasta, gondorukem). Panaskan solder…….kemudian gosok-gosokkan mata solder kada kaki komponen tersebut secara merata dan bolak-balik, sehingga mata solder terlapisi lapisan timah kembali.
  • Mata solder yang cepat kotor dapat menunjukkan bahwa solder terlalu panas. Cek tegangan listrik mungkin over.
  • Gunakan timah dengan perbandingan 63/37 atau 60/40….jangan sampai terbalik misalnya 40/60.
  • Saya lebih suka menggunakan gondorukem dibanding solder pasta……sebab beberapa solder pasta ada yg bersifat korosif (………..membuat jadi keropos…utamanya jika mata solder lancip)
  • Jaga solder jangan sampai jatuh. Kalau mata soldernya yg jatuh duluan dapat merusak ujung mata solder. Karena itu buat dudukan solder yang aman dan kokoh.
  • Minimal sebulan sekali mata solder harus dilepas dari pemanas soldernya dan dibersihkan. Kalau dibiarkan menempel terus akan menyebabkan korosi dan mata solder tidak dapat dilepas. Dan kalau mata solder jika rusak tidak dapat diganti lagi.

clip_image002

Gambar penampang mata solder

 

 

***************************************************

No comments: