Tuesday, December 17, 2013

Apa yang perlu diketahui tentang coil Horisontal-Linear

 

Apa yang perlu diketahui tentang Coil Horisontal-Linear ?

 

 

clip_image002

 

clip_image004

 

  • Coil Horisontal-Liner dipasang seri dengan Def-Yoke. Berfungsi untuk memperbaiki (meng-koreksi) cacat horisontal yang disebabkan kumparan def-yoke tidak dapat sepenuhnya bersifat induktif, tetapi juga mempunyai sifat resistif (…disebabkan tahanan ohm kawat tembaga)
  • Setiap model mempunyai nilai yang berbeda-beda, disesuaikan dengan karakteristik def-yoke masing-masing.
  • Jika coil ini diganti dengan nilai yang berbeda akan menyebabkan cacat “horisontal tidak linear”. Yaitu jika teve menampilkan gambar close-up penyiar, pundak kiri-kanan penyiar akan tidak seimbang. Atau jika teks yang ada dibagian bawah yang ditampilkan berjalan…..akan nampak huruf-hurufnya berubah melebar-menyempit jika sampai pada bagian pinggir kiri atau kanan.
  • Coil ini biasanya mempunyai “tanda bulatan” pada bodinya. Demikian juga pada board tempat lokasinya dipasang. Pemasangan harus sesuai tanda. Jika terbalik akan menyebabkan cacat horisontal tidak linear seperti dijelaskan pada item (3)
  • Coil horisontal linear teve tua biasanya bungkus plastiknya mengelupas, terus magnet bulat (seperti pil) yang nempel dibagian atas lepas/jatuh. Hal ini dapat menyebabkan raster kiri-kanan jadi sedikit kurang penuh.
  • Kalau coil ini rusak (atau dishort) akan menyebabkan raster sedikit melebar dan cacat horisontal linear (….tetapi tidak akan menyebabkan kerusakan lain)

 

**********************

No comments: