Sunday, November 17, 2013

Kasus tegangan B+ kadang normal – kadang drops

 

KASUS :

  • Sharp 29 dengan tegangan B+ 120v (menggunakan SE120), eks repair bengkel lain
  • Selama proses perbaikan berlangsung - Tegangan B+ kadang- normal kadang-drops jadi 80v.

 

Merepair teve ini cukup bikin kami jengkel……..bahkan sudah ada niat untuk pasag gacun saja.

Pertama diperiksa tegangan B+ tidak keluar disebabkan Diode penyearah RU4A untuk tegangan B+ short. Setelah penggantian diode RU4A tegangan B+ sudah bisa keluar normal. Flyback sudah bisa nyembur, tetapi layar masih gelap.

Selagi mencari penyebab layar gelap, tiba-tiba tegangan B+ drops tinggal 80v. Dicari penyebabnya belum juga ketemu………….tetapi tiba-tiba tegangan B+ normal kembali………….dan hal seperti ini terjadi sampai berulang beberapa kali…………hingga pada achirnya penyebab layar gelap dapat diketemukan, yaitu Resistor dari flyback ke diode penyearah tegangan video-drive 180v putus.

Setelah dirunning beberapa lama - Pikir kami masalah sudah selesai…….tapi ketika board dipasang dimasukkan cabinet…..tegangan B+ drops lagi.

  • Main-board dikeluarkan lagi…..…..trus “ di-lumah-kan” (……apa ya bahasa Indonesianya ya?)…..dan diperiksa B+ normal lagi.
  • Main-board dibalik pada posisi normal………tegangan B+ drops lagi.
  • Demikian sampai berulang kali…….belum juga menemukan penyebabnya.

 

PENYEBAB :

  • Tidak sengaja mata tertuju pada tranfo-switching………eeeee ternyata ferit-nya bagian samping sebelah ada yang retak sampai putus………….jadi kalau main-board pada posisi normal bagian yang retak turun sedikit sehingga menggangga (bahasa jawa…mangap) tidak nyambung. Jika main-board di-lumah-kan bagian ferit yang retak merapat lagi.
  • Bagian ferit yang retak-putus kasih lem alteco……..dan kasus achirnya bisa ditutup………..

 

 

*********************

No comments: