Sunday, January 13, 2013

LG super slim mati protek dan raster (gambar) jadi melebar





KASUS :
  • LG super slim 21” datang dengan kasus pesawat mati protek setelah hidup beberapa detik (raster belum sempat menyala).

TINDAKAN AWAL :
  • Analisa awal berdasarkan pengalaman pada LG superslim – jika protek umumnya disebabkan karena B+ OCP (over current protector) aktip bekerja.
  • Untuk mengurangi agar arus B+ - maka kami coba turunkan dulu tegangan screen
  • Dan ternyata pesawat menjadi  tidak protek lagi – Tetapi setelah muncul gambar terlihat bahwa RASTER JADI MELEBAR”.
  • Kami amati lagi dengan lebih seksama – Nampak bagian pinggir tidak bengkok.......maka kesimpulan kami masalah bukan pada sirkit EW.

SOLUSI ACHIR :
  • Untuk memudahkan analisa dan tindakan selanjutnya yang akan kami lakukan, maka kami buka dulu file skematik diagram model LG slim.
  • Hasil analisa bedasarkan skematik tersebut – maka  kami  menduga kemungkinan problem disebabkan pada sirkit tambahan yang umumnya diketemukan pada teve tabung slim yang dinamakan sirkit “INNER”. Yaitu sirkit yang menghubungkan antara def yoke dengan kaki flyback  pin-INNER. Disitu umumnya terdapat beberapa coil tambahan serta beberapa kapasitor milar tambahan yang mempunyai tegangan rendah (sekitar 400 atau 630v).
  • Langsung saja kami cek nilai semua kapasitor milar dengan kapasitan-meter…….dan hasilnya ada sebuah milar yang nilainya turun menjadi sangat kecil sekali.
Alhasil setelah penggantian milar yang rusak……gambar langsung menjadi normal…….dan yang lebih melegakan lagi ketika VR screen kami kembalikan seperti adjustmen semula…….pesawat tidak mati protek lagi.



***************************

Catatan :
Jika sirkit EW berfungsi untuk mengkoreksi cacat EW  yang menyebabkan gambar pada bagian pinggir kiri-kanan layar jadi bengkok pada layar normal flat.  Maka sirkit INNER berfungsi untuk mengkoreksi cacat gambar bengkok pada bagian layar yang sedikit agak ketengah  yang menjadi  sedikit agak bengkok pada layar flat supler slim.


No comments: