Friday, December 7, 2012

Cara melacak kerusakan vertikal satu garis (1)

 

KASUS :

  • Teve dengan IC Chroma M52707 dan IC Vertikal-out LA7837 (contoh ini juga dapat dilakukan pada teve yang menggunakan  TA8690 dan TA8445)
  • Problem vertikal tidak kerja (raster hanya satu garis mendatar)

Ini adalah contoh apa yang saya lakukan dalam melacak mencari penyebabnya dan solusinya.

Langkah pertama :

  • Pemeriksaan secara visual menggunakan kaca pembesar dan penerangan yang cukup untuk mengamati solderan sekitar IC Vertikal-out, untuk memeriksa apakah ada solderan yang retak, atau over-heat. 
  • Walaupun tidak menemukan solderan yang retak, jika ketemu teve yang sudah lama digunakan, maka saya biasanya langsung lakukan solder ulang, hal ini karena kadang yang nampaknya solderan tidak retak, tetapi kaki-kaki IC sepertinya sudah tidak kontak dengan sempurna lagi (istilahnya “microcrack”.
  • Pengecekan menggunakan ESR-meter pada semua elko pada bagian sirkit Vertikal-Out. Dan langsung mengganti jika ada yang ESRnya sudah tidak baik
  • Bersihkan board sekitar IC Vertikal_out dengan thiner (super A) dan keringkan menggunakan hairdryer

Dengan proses ini kadang-kadang langsung dapat menyelesaikan masalah tanpa harus capek-capek berpikir.Dan jika ternyata problem masih tetap, maka kemudian dilanjut dengan langkah kedua.

 

Langkah kedua :

  • Hidupkan komputer untuk mempelajari skematik model tersebut. Model maupun merk tidak harus sama, yang penting sama-sama menggunakan ICM52707. 
  • Seumpama tidak menemukan skema yang dibutuhkan maka kami akan cari data sheet kedua IC tersebut lewat “datasheet4u.net”.
  • Hal ini semua bertujuan untuk mengetahui nomor-nomor pin yang aka kami cek tegangan ataupun komponennya.
  • Ambil secarik kertas, dan catat “nomor-nomor pin-utama” yang akan di cek.
  • Nomor pin utama IC Vertikal-Out

     
 

No pin yang dicatat

Alasan pencatatan

 

Pin-9. Vcc2

Mendapat suply 27v dari flyback untuk bagian penguat output. Jika pin ini tidak ada tegangan bearti (1) ada jalur/komponen yang putus dari flyback, atau (2) IC Vertikal rusak short.

 

Pin-13. vcc

Mendapat suply 27v dari flyback lewat diode Pump-up. Jika pada pin ini tidak ada tegangan berarti Diode pump-up putus

 

Pin-12 Output

Merupakan pin-output ke def yoke. Tegangan pada pin ini normal adalah sekitar setengah tegangan Vcc. (1) Jika tegangan nol kemungkinan IC rusak. (2) Jika tegangan tinggi, maka kemungkinan osilator vertikal pada M52707 belum kerja

 

Pin-6. Vsaw

Pada pin-ini dipasang elko filter pembentuk sinyal gigi gergaji. Jika elko rusak akan menyebabkan vertikal satu garis. Cek elko menggunakan ESR meter

 

Pin-7. VNfb

Vertikal Negatif Feedback. Mendapat tegangan umpan balik dari Vertikal out pin-12. Jika tidak ada tegangan umpan balik dapat menyebabkan Vertikal out tidak kerja. Kerusakan dapat disebabkan ada resistor yang putus pada jalur dari Pin12 ke pin-7

 

Pin-1. Vcc1

Mendapat suply 9v untuk penguat bagian depan IC Vertikal

 

Pin-2. Triger input

Untuk memeriksa apakah bagian Vertikal-out sudah bekerja, saya biasanya memberi triger pada pin input. sedot solderan pin-2. Menggunakan oben kecil atau probe avo-meter (pegang bagian logamnya), kemudian sentuh-sentuh pin input tersebut. Kalau raster menjadi normal saat setap kali disentuh berarti IC Vertiakal-out sudah bekerja normal.

image

  • Jika bagian IC Vertkal out ternyata tidak bermasalah maka kemudian masuk ke langkah ketiga, yaitu mencari penyebab kerusakan pada IC Chroma M52707

 

Langkah ketiga.

  • Pelajari skema dengan seksama, dan catat pin yang berhubungan dengan vertikal-osilator pada M52707 :

     
 

No pin yang dicatat

Alasan pencatatan

 

Pin-18. Vertikal out

Merupakan output dari osilator pembangkit pulsa vertikal untuk mendrive IC Vertikal-out

 

Pin-24. Vcc VCD

Merupakan input suply untuk bagian Video, Chroma, Deflection. Jika tidak ada tegangan pada pin ini maka osilator vertikal tentu saja tidak akan bekerja

clip_image002

  • Dengan bekal catatan nomor-nomor pin tersebut maka kami kemudian lakukan “penandaan” (pemberian tanda menggunakan spidol merah kecil) pada titik-titik pada board teve yang akan kami cek atau akan kami ukur tegangannnya.
  • Dilanjutkan dengan pengukuran tegangan dengan volt-meter

Pada contoh kasus yang kami lakukan ternyata pada pin-12 IC vertikal-out tegangannya tinggi hampir sama dengan Vcc. Hal ini menunjukkan bahwa osilator vertikal belum kerja. Kami cek langsung pada pin-18 pulsa vertikal out dan pin-24 vcc 5v, ternyata tegangan tidak ada. semuanya.  Setelah kami lacak……hal ini disebabkan ada solderan yang los kontak pada jalur suply ke Vcc 5v tersebut.

 

****************************************

No comments: