Monday, October 15, 2012

Sharp alexander 29"dgn IXC 844wjzz hidup sebentar terus hang

 

KASUS :

  • Saya ada masalah dgn Sharp alexander 29"dgn ixc 844wjzz.Pertama di nyalakan tv tdk ada kelainan apa2, tapi berselang sktar 10mnt (tv mulai panas) pesawat tiba2 macet/hang. Semua tombol d pnel mupun rmote macet/tdk fungsi. Pengukuran d pin scl/sda teg ok, pin IR berayun ktika remot d pencet tapi ttp tdk ada respon. Solder ulang sdh dilakukan, Part yg sudah  ganti adalah IC IXC 844WJZ,78MR05,smua elco (reg/hor)sdh d cek. Mohon petunjuk dari bapak bagian mana yg perlu di cek lagi? Atas bantuan , saran  serta petunjuk bapak saya ucapkan banyak terima kasih.  Dari :Arief Kurniawan elconora@yahoo.co.id

 

SARAN (marsonotv):

  • Pesawat hang berarti bagian mikrokontrol (program) macet tidak fungsi. Maka yang perlu dicek dgn seksama adalah sirkit yang berhubungan dengan mikrokontrol tersebut.

Coba cek tegangan :

  • Vdd 5v pin-89
  • RESET sekitar 4v pin-74
  • AC detect sekitar 4v pin-82
  • SDA/SCL sekitar 4v pin-5/6

Ukur semua tegangan saat masih fungsi dan ketika hang. Kemudian bandingkan tegangannya ada yang berbeda atau berubah tidak.

 

SOLUSI :

  • Alhamdulilah, sesuai saran Bapak saya lakukan pengukuran tegangan di pin 5/6(SDA/SCL) - pin 82(AC detec) - pin 74(MCU reset) dan - pin 89(VDD). Saya bandingkan waktu kndsi normal dgn kondisi panas. Akhirnya ketemu juga pak, ternyata setelah panas tegangan di pin SDA drop menjadi 1volt (normal 3,8V). Kecurigaan muncul pada zener smd di pin scl/sda. Pergantian zener ternyata tidak menyelesaikan masalah. Akhirnya saya mencoba mengganti IC Memory(24c08) dan ALHAMDULILAH teg menjadi normal dan TV tdk hang lagi. Kesalahan saya dari awal saya hanya terpaku pada VCC 5 volt saja.
  • Terimaksih banyak Bapak sumarsono,yg senantiasa memberi petunjuk kpd saya di kala saya mendapat kesulitan, smoga ILMU yg bapak berikan menjadi amal ibadah dan mendapat balasan dari ALLAH SWT, smoga Bapak sekeluarga juga senantiasa sehat dan terus bisa berkarya amien ....amien. Sekali lagi pak Terima kasih bantuannya...! Salam Hormat

 

 

**********************

No comments: