Saturday, August 25, 2012

JVC Plasma mati protek


KASUS :
  • Plasma JVC 42” dengan kerusakan mati total.
  • Belakangan baru kami diberi tahu pemilik bahwa model ini Tuner Unit  terpisah berdiri sendiri. Setelah Tuner unit kami sambungkan, ternyata pesawat dapat hidup stand-by. Dan kerusakannya adalah mati protek.

PEMERIKSAAN :
  •  Model ini menggunakan modul power suply buatan SAMSUNG. Berdasarkan pengalaman kami saat menangani Philips plasma yang juga menggunakan power suply buatan Samsung, maka langsung saja kami cari letak lokasi jumper-jumper test point.
  • Disini kami menemukan ada  5 buah jumper test point.  4 buah masing-masing ada tulisannya, yaitu (1) Power Panel, (2) Relay, (3) THEM DE, (4) Vs on. Dan yang ke (5) tidak ada tulisannya, dan berada pada suatu board  kecil yang dipasang  menempel pada main board utama power suply.
  •  Pertama kami coba pasang jumper menggunakan japitan buaya pada (1), (2), (3) dam (4).  Saat power di-on-kan ternyata lampu led indikator hijau (ada 3 buah) yang terdapat pada modul power suply dapat menyala semua dan sebuah led berwarna merah juga ikut menyala. Tetapi kemudian salah satu led hijau kemudian mati lagi dan pesawat mati protek.
  • Saat led hijau menyala ternyata semua tegangan-tegangan suply keluar. Dan ketika salah satu led hijau ada yang mati ternyata tegangan Vs setelah hidup sesaat kemudian menghilang lagi.
  • Kami menduga mengkin jumper test ke (5) adalah untuk melumpuhkan sistim protek. Maka langsung kami coba pasang jumper pada test tersebut. Dan ternyata dugaan kami benar......setelah pesawat coba dihidupkan.......tidak protek lagi.........ditunggu beberapa saat layar langsung menyala.

SOLUSI :
  • Kami sudah berusaha mencari lewat mbah Google berbagai informasi yang berhubungan dengan model JVC ini, tetapi hasilnya nihil.
  • Maka kami menduga bahwa board kecil yang ada jumper ke (5) ini merupakan sirkit protek (.........dan sepertinya dugaan ini benar)
  • Langsung saja kami ambil ESR-meter dan periksa 4 buah elko SMD (surface mount device alias elko tempel) yang terdapat disitu.....dan ternyata ke 4 nya sudah kering semua.
  • Setelah penggantian elko-elko (dengan menggunakan elko biasa).....kemudian melepas semua jumper-test..........pesawat coba dihidupkan........dan alhamdulillah pesawat sudah tidak protek lagi.



**********************

No comments: