Thursday, November 24, 2011

Fungsi dari sirkit Defleksi Horisontal

(tulisan ini merupakan revisi ke.1 dari tulisan sebelumnya)

Fungsi sirkit bagian defleksi horisontal :

1. Fungsi utama bagian defleksi horisontal adalah membangkitkan pulsa-pulsa untuk diumpankan ke kumparan defleksi horisontal. Pulsa-pulsa ini menyebabkan arus yang melalui kumparan berbentuk gigi gergaji dan digunakan untuk mengendalikan sinar elektron tabung gambar agar melakukan penyapuan (scanning) dari bagian kiri kearah bagian kanan layar secara berulang. Tegangan pulsa-pulsa diumpankan langsung dari kolektor transistor HOT ke kumparan def yoke.

2. Fungsi kedua adalah untuk membangkitkan tegangan tinggi (High Voltage) untuk anode tabung gambar (CRT). Setelah pulsa selesai melakukan penyapuan gambar satu garis horisontal dari kiri ke bagian kanan layar maka sinar elektron dengan cepat dikembali lagi ke bagian kiri layar untuk memulai lagi penyapuan garis horisontal berikutnya. Pulsa yang mengendalikan agar sinar elektron kembali lagi dengan cepat ke bagian kiri layar dinamakan "pulsa horisontal retrace". Pulsa ini dimanfaatkan untuk membangkitkan tegangan tinggi HV dengan cara memasang tranfo pada bagian horisontal output. Oleh karena itu tranfo ini dinamakan “flyback”.

Gambar dibawah merupakan contoh bentuk pulsa-pulsa pada bagian horisontal out bila diperiksa menggunakan osiloskop

image

 

Istilah lain untuk yang sering digunakan untuk menyebut trafo flyback :

  • HVT, High Voltage Transformer
  • FBT, Flyback Transformer
  • LOPT, Line Output Transformer

 

Berapakah besarnya frekwensi horisontal ?

  • Jika teve bekerja pada sistim PAL frekwensi horisontal adalah 15.625 Hz per detik
  • Jika bekerja pada sistim NTSC maka frekwensinya adalah 15.750 Hz per detik

 

Kamus :

  • HOT atau Horisontal Output Transistor
  • Frekwensi, banyaknya jumlah getaran pulsa pada setiap detik
  • Scanning, penyapuan sinar elektron ke seluruh bidang gambar layar tabung gambar. Sinar elektron sebenarnya hanya berupa sebuah titik kecil. Sinar ini digerakkan dengan kecepatan sangat tinggi agar melakukan penyapuan keseluruh layar, sehingga kita bisa melihat titik tersebut sebagai bidang gambar

 

 

**************************

No comments: