Sunday, September 25, 2011

Membuat sendiri demagnetizer

 

Sebelum mencoba membuat sendiri demagnetizer (degauser), maka sebaiknya kami perkenalkan dahulu tentang :

  • Demagnetizer profesional
  • Degausing coil yang ada pada C

Demagnetizer profesional seperti tampak pada gambar digunakan untuk untuk membersihkan CRT dari pengaruh kemagnetan. Dengan cara memasang ke listrik AC dan menekan tombol kemudian mendekatkan bagian ujungnya ke permukaan layar CRT. Sapukan ujungnya keseluruh permukaan CRT sambil diputar-putar. Untuk mematikan jauhkan dahulu pelan-pelan demagnetizer dari CRT, dan pada jarak sekitar 1.5m baru boleh dimatikan. Penggunaan tidak boleh melebihi dari 2.5 menit, karena dapat menyebabkan overheat dan terbakar. Alat ini membutuhkan listrik kurang lebih 15 watt.

Demagnetiser bekerja lebih kuat dibanding degausing coil. Dan alat ini tidak boleh dipergunakan untuk menyapu bagian belakang CRT, karena kemungkinan dapat menyebabkan posisi elem-elemennya berubah.

Kalau alat ini dibongkar, maka isinya hanyalah sebuah inti besi yang berbentuk balok panjang yang terdiri dari lapisan-lapisan seperti halnya inti tranfo. Kemudian dibagian luarnya dililitan kumparan kawat email seukuran yang digunakan pada bagian primer tranfo adaptor 1A.

clip_image001     clip_image003

 

Degausing coil seperti yang kita jumpai pada pesawat teve mempunyai resistansi yang relatip kecil. Jika alat ini disambung langsung ke listrik AC maka akan meyedot arus yang cukup besar, sehingga dapat menyebabkan listrik rumah tidak kuat (NCB jeglek). Oleh karena alat ini selalu dipasang seri dengan PTC. Tujuannya adalah agar secara otomatis alat ini bekerja sesaat saja ketika teve dihidupkan.

Pada kondisi dingin PTC mempunyai resistansi sekitar 10 hingga 30 ohm. Ketika dialiri listrik maka akan menyebabkan PTC panas dan resistansinya akan segera berubah naik menjadi 500 ohm atau lebih.

Ada dua macam PTC, yaitu

  • Single PTC (2 kaki) – degausing akan bekerja dalam waktu sekitar 0.1 detik
  • Double PTC (2 kaki) – degausing bekerja lebih cepat, yaitu sekitar 0.05 detik.

 

Membuat demagnetizer sendiri.

Ada bermacam cara untuk membuat demagnetzer sendiri, anda dapat mencoba bereksperimen seperti cara-cara dibawah ini

1. Meniru seperti demagnetiser profesional.

Cari potongan-potongan lembaran plat besi. Dapat digunakan plat besi yang biasanya untuk klem kotak kayu. Kemudian susun menjadi semacam balok panjang seukuran 12cm. Balut balok besi dengan isolasi kertas. Kemudian lilitan gulungan kawat email seukuran yang digunakan pada bagian primer tranfo adaptor 1A. Setelah selesai digulung, balut dengan isolasi plastik agar rapi

 

2. Dengan degausing coil

Degausing coil yang digunakan pada teve mempunyai macam-macam ukuran resistansinya. Karena resistansinya relatip kecil, maka agar tidak memakan listrik terlalu banyak pasang pada tegangan AC yang rendah. Coba pasang pada tegangan ac antara 9v hingga 24v menggunakan semacam tranfo adaptor ukuran 1A. Rubah gulungan degausing menjadi agak lebih kecil agar memudahkan memegangnya.

 

3. Tranfo adapator

Tranfo adapator dapat dirubah menjadi demagnetizer dengan cara sebagai berikut :

  • Cari tranfo ukuran 2A.
  • Bongkar keluar semua inti besi yang berbentuk E dan I dan buang yang berbentuk I.
  • Asembling kembali inti besi yang berbentuk E. Tetapi dari arah yang sama, sehingga keseluruhannya membentuk huruf E
  • Dengan memasang listrik ac pada gulungan primer alat ini dapat digunakan sebagai demagnetizer.
  • Dekatkan inti besi bagian yang terbuka ke permukaan CRT.

 

 

*****************

No comments: