Wednesday, August 31, 2011

Trik problem saat ganti EEPROM (memori)

 

Kerusakan pada data eeprom kadang bisa bikin dongkol. Kerusakan nampak sepele didepan mata tapi pesawat jadi tidak dapat selesai setelah kita bersusah-susah telah perbaiki bagian-bagian lain yang rusak. Apalagi kalau ditambah dengan tidak ada remote, atau sulit masuk ke service menu.

Memasang eeprom dengan cara diparalel (ditumpuk) kadang dapat menyelesaikan persoalan ini seperti ini. dibawah ini adalah beberapa contoh pengalaman.

Ceritera ke.1

  • Seorang rekan teknisi mengganti eeprom kosongan pada saalah satu model JVC. Hasilnya gambar bergeser kekiri. Mau masuk service-mode kesulitan. Maka eeprom lama coba dipasang paralel dengan eeprom baru yang tgelah dipasang dengan cara ditumpuk. Hasilnya masalah horisontal bergeser langsung bagus. Dan yang lain-lain tidak ada perubahan.

Ceritera ke.2

  • Kami pernah mengganti Sanyo dengan eeprom kosongan. Hasilnya gambar bisa bagus. Masalahnya volume suara langsung besar tidak dapat dikecilkan. Coba-coba masuk service-mode kesulitan. lalu coba pasang eeprom lama dengan cara diparalel (ditumpuk) pada eeprom baru yang terpasang. Hasilnya volume langsung normal

Ceritera ke.3

  • Seorang rekan teknisi punya masalah setelah ganti eeprom pada Konka. Osd muncul tulisan China dan vertikal terlalu melebar. Mau masuk service mode kesulitan. Coba eeprom lama ditumpuk dengan yang baru. Hasil langsung bagus.

Ceritera ke.4

  • Kami ada servisan model china yang tidak keruan merknya, dengan masalah gambar gembok., sehingga semua tombol terkunci. Hal ini sebenarnya akan mudah diselesaikan jika ada remotenya. Coba pasang eeprom kosongan baru dengan cara ditumpuk pada eeprom yang ada.  Hasilnya gambar gembok hilang.

 

Punya kesulitan serupa ??? Cara seperti diatas boleh dicoba !!!

 

***************

No comments: