Friday, May 6, 2011

Elektro-statik konvergen pada CRT Sony Trinitron model lama


Coba silahkan amati pin connection tabung CRT Trinitron SONY model lama
  • Mempunyai sebuah pin yang berada dekat dengan pin fokus. Pin ini berhubungan dengan sejumlah resistor (yang dinamakan IBR resistor) yang disambung secara seri yang berada didalam tabung CRT dan dihubungkan ke tegangan tinggi anode.
  • Diluar pada pcb CRT - pin tersebut dihubungkan melalui sebuah CV (variable resistor) dengan nilai mega ohm yang dihubungkan ke-ground.
  • Berbeda dengan CRT biasa didalam CRT Sony ini terdapat elektode yang dinamakan “konvergen plate”, yang berfungsi untuk mengatur konvergen secara elekto-statis dengan cara mengubah tegangan pada elektrode tersebut. Tegangan dapat diatur menggunakan variable resistor yang dipasang diluar yang dinamakan VR “H Stat konvergen” – dan digunakan untuk mengatur konvergen secara  horisontal – yaitu jika RGB pecah menjadi tiga pada arah kiri-kanan

image
image


Setelah pemakaian jangka panjang – ada kemungkinan nilai resistasi IBR sedikit berubah – sehingga mengakibatkan tegangan pada plate konvergen  berubah – dan kermudian menyebabkan garis-garis vertikal mis-konvergen pecah kekiri-kanan. Cacat ini dapat mudah diamati dengan cara melihat logo yang ditampilkan oleh setiap pemancar TV pada bagian pojok atas layar – dimana akan nampak tulisan tersebut RGB pecah
Oleh karena itu pada Sony Trinitron yang sudah lama dipergunakan (atau mungkin pernah diadjust) perlu dilakukan re-adjustment pada VR “H Stat konvergen” untuk memperbaiki cacat horisontal konvergen.

(bahan dari sony training manual)


Catatan : Banyak teknisi yang salah sangka dengan VR ini, dan dikiranya sebagai VR Fokus


**************************************

No comments: