Monday, December 6, 2010

Cara memeriksa transistor FET (MOSFET)

 
Cara kerja FET hampir mirip dengan transistor bipolar (transistor biasa yang sering kita jumpai). Jika transistor bipolar membutuhkan tegangan yang dapat menyediakan “arus drive” yang cukup untuk Basis agar dapat mengontrol arus Kolektor – Emitor. Maka FET hanya membutuhkan “tegangan drive” dan hampir tidak membutuhkan arus drive untuk Gate sama sekali untuk dapat mengontrol arus Source – Drain
Equivalen FET dengan Transistor bipolar
  • Gate (G) = Basis (B)
  • Source (S) = Kolektor (C)
  • Drain (D) = Emitor (E)
Cara memeriksa FET jenis positip
  • Ambil OHM-meter dan set pada posisi 10x
  • Pegang ujung logam probe merah dengan ujung jari tangan kiri dan tempelkan (terus-menerus) pada kaki (D)
  • Tangan kanan pegang probe hitam tetapi jangan menyentuh ujung probe (pegang plastiknya saja).
  • Probe hitam tempelkan “sesaat” saja pada kaki (G)
  • Segera pindahkan probe hitam ke kaki (S), maka jarum harus menyimpang. Jika jarum tidak menyimpang berarti FET kehilangan nfaktor penguatannya.
  • Lepas probe hitam
  • Sentuh kaki (G) dengan ujung jari tangan, maka jarum harus tidak menyimpang sama sekali jika probe hitam ditempelkan ke kaki Source. Jika jarum menyimpang berarti FET short atau bocor
Penjelasan.
  • (G) sebagai kontrol input mempunyai kapasitansi yang sangat kecil. Kapasitansi Gate ini dapat menyimpan muatan listrik.
  • Pada saat probe meter hitam ditempelkan pada (G), maka kapasitansi Gate mendapat muatan positip. Tegangan positip ini menyebabkan resistansi antara (S) – (D) drops, sehingga jarum menyimpang
  • Pada saat (D) disentuh dengan jari, maka muatan positip akan hilang terbuang lewat sentuhan jari. Dan resistasi antara (S) dan (D) akan berubah menjadi sangat besar sekali, sehingga jarum tidak menyimpang.
 
++++++++++++++++++++++++++++++
            
Pengalaman buruk dengan power FET
  • Sewaktu memperbaiki SMPS (switch mode power suply) yang menggunakan power FET, kami niatmya bermaksud untuk mengukur drive dari IC osilator drive apakah tegangannya keluar.
  • Untuk itu kami open (lepas) dulu kaki Gate transistor FET tersebut.
  • Ketika pesawat kami nyalakan, ternyata power FET langsung jebol.
Kenapa bisa terjadi begitu?
Analisa kami ketika kaki (G) diopen, mungkin (G) tidak sengaja mendapat muatan positip. Maka begitu pesawat dinyalakan maka arus besar akan langsung mengalir dari (D) ke (S) yang menyebabkan FET langsung jebol. Oleh karena itu jangan sekali-kali menghidupkan pesawat dengan kondisi kaki (G) di-open. Ini berbeda dengan saat bekerja dengan transistor bipolar, dimana membiarkan kaki Basis di-open tidak akan menimbulkan masalah jika pesawat dihidupkan.
 
################################
 
Anda perlu tahu
Gajah Mada yang memiliki kampus yang megah sekarang ini kampus-kampusnya dahulu dipinjami dan tersebar luas menempati lokasi-lokasi milik Kraton Ngayogyakarta. Rumah-sakit Gajah Mada awalnya juga masih tersebar dilokasi-lokasi milik kraton. Banyak kantor pemerintahan sipil dan militer yang yang dahulu  menempati lokasi-lokasi milik kraton Jogja. Saat ini banyak rumah2 warga yang  menempati tanah-tanah milik kraton.  Sebidang petak pemakaman nenek kami beserta anak cucunya juga menempati tanah milik kraton. Yang semuanya GRATISSSSSS.

1 comment:

ARIEF SERVICE CIREBON said...

untuk penggantian transistor mosfet kita harus hati hati dan hrs tahu impedansi antara kaki D dan S (fet aslinya) apabila kita memberi tegangan bias pada G.contoh untuk impedansi FS 7UM(lain type lain impedansinya) jika kita mrmberi tegangan bias sesaat impedansinya sekitar 1 kila ohm dan langsung kembali tak terhingga(avo meter tidak menyimpang)kalau di beri teg bias pada G sesaat tapi meter msh menyimpang biasanya FS 7UM langsung akan panas atau tidak bertahan lama.cara saya kabel probe merah colok ke kaki S kabel probe hitam colok sesat pada G lalu probe hitam colok ke kaki D maka avo meter akan bergerak bisa diam saja ke nilai ohm tertentu atau kembali tak terhingga.kalau jarum tak bergerak di pastikan FET rusak.HRS hati hati bali fet di toko banyak yang short kecuali ORI,