Tuesday, October 19, 2010

Pengalaman dengan LG ultra slim transistor horisontal rusak terus

Dalam waktu yang hampir bersamaan kami terima LG ultra slim 21” dengan problem yang hampir sama.
  1. Seorang konsumen menjelaskan bahwa tevenya pernah dibawa ke sebuah bengkel, tetapi karena teknisi kesulitan maka isinya diganti dengan  mesin china. “Kami merasa sangat kecewa dengan hasil gambarnya”, cerita selanjutnya,  “mesin aslinya sudah pernah diganti flybak  dan transistor horisontalnya sudah menghabiskan beberapa buah,  tetapi tetap gagal service”. Dibawa dan ditunjukkannya pula  pcb asli, flyback yang pernah diganti, beberapa bekas transistor horisontal yang rusak dan remote kontrol asli. Singkat ceritera konsumen tersebut menginginkan agar bisa dibantu supaya pcb asli dapat digunakan lagi.
  2. Seorang teknisi lain punya kasus yang sama. Setiap kali transistor horisontal dipasang baru maka selalu langsung rusak. Diagnosa pertama jatuh pada flyback, tetapi ketika flyback sudah ganti hasilnya tetap sama. Diagnosa selanjutnya mengarah ke def yoke.  Ketika pergi ketoko spare parts untuk mencari def yoke dia sempat menceriterakan masalahnya kepada pemilik toko. Pemilik toko yang sudah sangat kenal baik dengan kami menyarankan agar membawa saja tevenya ke tempat kami, sipa tahu bukan def yokenya yang rusak karena kalau diamati def yoke yang dibawanya untuk contoh tersebut tidak ada yang nampak gosong atau terbakar.
Dari kedua kasus diatas setelah kami kerjakan ternyata penyebab adalah sama, yaitu kapasitor resonant yang lokasinya pada bagian kolektor transistor horisontal-out nilainya menurun drastis sehingga hampir nol (normal nilai 183pF/2000v).
Mungkin LG model-model ultra slim ini tidak memiliki x-ray protektor. Sebab kalau ada x-ray protektor biasanya akan aktip bekerja jika nilai kapasitor resonant berubah menurun sedikit saja.


Mengambil hikmah dari kasus diatas maka saran kami kepada setiap teknisi wajib :
  • Memiliki kapasitor-meter atau AVO-meter yang mempunyai fasilitas untuk pengukuran kapasitor.
  • Jangan lupa untuk setiap kali memeriksa nilai kapasitor resonant jika ada kasus transistor horisontal sering rusak.


* Artikel penyebab transistor horisontal-out mati seketika saat teve dihidupkan (baca)








Komentar rekan teknisi
  • Betul sekali Pak Marsono pengalaman itu saya dapat waktu saya masih kerja di SC Jakarta ada 6 cashis yang dikirim dari Banjarmasin dari ke 6 chasis tersebut keluhannya sama yaitu setiap di pasang TR horisontal dalam hitungan detik TR itu langsung paeh (bhs sunda mati). Awalnya kecurigaan pada flyback tapi satelah flyback saya ganti tidak ada perubahan akhirnya saya langsung tertuju pada nilai "C" resonannya yang langsung terhubung degan colector. Alhasil setelah penggantian"C"tersebut chasis menjadi normal kembali ,trimaksih dan salut buat Pak Marsono yang telah membagikan ilmu dan pengalamannay untuk kemaslahatan  (awanda noviani -wds)
  • Ya betul sekali Pak Marsono,penyebab utama langsung m@k thuusss....nya transistor horizontal pada tv LG Slim memang dari kapasitor tersebut, saya juga pernah sampai kebobolan mengganti transistor horizontalnya hehhehe....... (aisy romadhona)






######






Seperti apakah Allah itu?
Allah adalah Pencipta dan tidak sama dengan machluk atau seperti benda-benda ciptaannya.
Allah tidak mempunyai dimensi seperti semua yang ada dilangit dan dibumi.
Dialam semesta ini tidak ada sesuatu yang sama atau mirip dengan Allah


*************************************************************

No comments: