Wednesday, October 20, 2010

Memahami def yoke lebih jauh 1

Suatu saat kami dapat pasien dengan keluhan gambar tidak fokus. Teve sudah dibawa kebengkel lain tetapi problem tetap tidak terselesaikan.
Ketika gambar saya amati ternyata adjustment fokus tidak ada masalah. Pengamatan kami sebenarnya yang bermasalah adalah konvergen pada bagian-bagian pinggir atas-bawah dan kiri-kanan layar. Huruf-huruf teks dan gambar logo pemancar teve jelas nampak seperti hasil cetakan koran yang warnanya tidak pas, sehingga kesannya seperti tidak fokus. 
Lalu kami gunakan gambar dari patern “cross-hatch” atau gambar kotak-kotak. Nampak sangat jelas bahwa garis-garis putih pada pinggir atas-bawah dan kiri-kanan layar pecah menjadi tiga buah garis RGB (istilah teknisnya problem kovergen dinamis). Dan konvergen bagian tengah gambar tidak ada masalah (konvergen statis).

Pertama kami menyangka bahwa problem disebabkan oleh adjustmen magnet konvergen yang salah atau def yoke pernah diganti bukan aslinya.
Ternyata adjustmet OK-OK saja.
Def yoke kami periksa masih nampak sepertinya aslinya.


Setelah kami teliti  lebih jauh, nampak sepertinya sambungan-sambungan kumparan def yoke pernah  di-re-solder. Tipe def yoke tersebut memiliki tambahan 2 buah kumparan kecil yang ada dibagian atas dan dibagian bawah leher tabung gambar. Kelihatan sambungan-sambungannya sudah tidak dihubungkankan lagi (alias sengaja diputus dengan maksud yang tidak kami pahami).


Selama ini sebenarnya kami belum memahami apa fungsi ke 2 buah kumparan tersebut.
Kami pelajari sambungan yang telah diputus tersebut dari def yoke lain yang masih bagus. Ternyata ke dua kumparan tersebut dihubungkan secara serial dengan kumparan vertikal. Kemudian kami coba  re-asembling sambungan-sambungan def yoke yang bermasalah tersebut. Dan hasilnya konvergen garis-garis yang pecah kembali menjadi normal


“Ooooooo. . . . . . jadi kira-kira seperti itulah fungsi atau pengaruh kumparan kecil itu”, guman kami dalam hati, “baru tahu sekarang”.


Menurut pengalam kami problem serupa “mungkin dapat terjadi” jika tabung gambar diganti dengan def Yoke dengan tipe lain.








Adakah orang yang mengetahui kapan  hari kiamat itu akan terjadi ?
Jika ada orang yang bertanya tentang hari kiamat, maka sesunguhnya orang yang ditanya adalah sama-sama tidak tahu seperti orang yang bertanya.  Sebab hanya Allah yang mengetahui kapan hari kiamat itu akan terjadi.




************************************************************************

No comments: