Wednesday, September 1, 2010

Cara memasang atau menyambung 2 buah speaker dgn benar



Jadilah teknisi profesional.
Bekerja - berfikir - bertindak dengan cara profesional.


Walaupun nampaknya merupakan perkara sepele, cara penyambungan speaker teve yang mempunyai 2 buah speaker (mono/stereo, seri/paralel) tanpa memahami caranya dengan benar  dapat menyebabkan suara cacat. Suatu saat kami terima repair teve 29” yang sudah dimodifikasi bengkel lain dengan pcb China. Setelah gambar sudah OK dan pesawat dicoba, kami dengarkan sepintas suaranya kok sedikit aneh, seperti sedikit sember, tertekan dan tidak keluar nada bass, seperti speaker rusak.  Pada hal kalau diamati dari 2 buah speakernya yang dipakai cukup besar dan berkualitas, mestinya suara bagus.


Kami menduga ada kesalahan cara penyambungan kabel oleh bengkel sebelumnya, yang menyebabkan “phase”nya saling berlawanan. Dalam keadaan masih berbunyi maka kami coba cabut salah satu konektor speakernya. Hasilnya suara langsung berubah menjadi lebih bagus ....(..ulem istilahnya wong jowo....). Jadi ternyata dugaan kami benar. Langsung saja salah satu speaker kami balik solderannya, dan alhasil suara jadi siip, ulem dan gandem.


Mengapa bisa terjadi jika penyambungan 2 buah speaker  phasenya terbalik suara menjadi cacat ?
Membran speaker bergetar maju-mundur mengetarkan udara sekelilingnya. Dengan cara pemasangan yang benar, maka kedua speaker akan bergetar maju-mundur secara serempak bersamaan (atau phasenya sama). Jika pemasangan phasenya terbalik, maka pada saat membran salah satu speker bergerak maju, maka speaker lainnya akan bergerak mundur berlawanan 180 derajad. Getaran udara yang dihasilkan akan saling meredam. Akibatnya suara seperti tertekan dan paling menonjol adalah kehilangan suara bagian frekwensi rendah.
Untuk memastikan pemasangan phasenya  sudah benar, maka coba pasang bolak-balik sambungan salah satu speakernya secara bergantian. Bandingkanlah hasilnya dengan seksama mana yang paling bagus. Atau kalau ada fasilitas balance coba bandingkan suara dengan satu speaker, dengan suara 2 speaker dengan cara mengeser kontrol balance. 


No comments: